welcome

---- SELAMAT DATANG DI PONDOK HERBAL WANITA SOLUSI TEPAT UNTUK ANDA DAN KELUARGA ----

Senin, 05 November 2012

Meniran

http://perkebunanlastri.files.wordpress.com/2011/02/meniran1.jpg   


Meniran (Phyllanthus niruri L.) adalah tumbuhan obat yang secara turun temurun digunakan untuk berbagi penyakit antara lain hepatitis, malaria, demam, batuk, diare, sariawan, hepertensi, epilepsi, kolik, batu ginjal dan penyakit kulit.
Tanaman perdu yang banyak tumbuh di daerah tropis ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut, tumbuh liar di daerah yang bertanah lembab, berpasir, tepi sungai, pantai atau di pekarangan rumah.
Tumbuhan ini berbatang tegak berukuran 30-60 cm, berdaun lonjong bersirip genap. Bunga berwarna kuning terdapat di ketiak daun menghadap ke bawah.
Meniran mengandung senyawa flavonoid, polifenol, saponin, lignin, isoignan dan alkaloida.
Khasiat meniran dapat mengobati hipertensi, batu ginjal, infeksi saluran kemih, anemia, diabetes mellitus, dan terapi ajuvan pada hepatitis B, tuberculosis, herpes zoster & ISPA.

Hampir semua bagian tanaman meniran berkhasiat obat. Banyak literatur yang menunjukkan bahwa secara turun temurun meniran dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang terkait dengan saluran empedu dan berkhasiat menurunkan jumlah virus hepatitis B yang ditemukan dalam darah.
Penelitian terbaru menyebutkan bahwa meniran memiliki aktivitas imunomodulator. Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). Dengan demikian, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal sehingga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya.
Kandungan kimia yang bermanfaat dari meniran adalah flavonoid. Pada tanaman lainnya kandungan flavonoid sebenarnya juga ada,bedanya pada meniran aktivitas penigkatan sistem imunnya ternyata lebih baik.
Sebagai imunomodulator, meniran tidak semata-mata berefek meningkatkan sistem imun, namun juga menekan sistem imun apabila aktivitasnya berlabihan. Jika aktivitas sistem imun berkurang, maka kandungan flavonoid dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel untuk meningkatkan aktivitasnya. Sebaliknya jika sistem imun kerjanya berlebihan, maka meniran berkhasiat dalam mengurangi kerja sistem imun tersebut. Jadi, meniran berfungsi sebagai penyeimbang sistem imun. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpticNB2ckz3eJxB7GMqQm_6CmvaBl_n2-MDJjVd2FITSdtYDxWcGieNnGTzfpvvyk9ojYZu2qHuHQuhpLVdJRgex-WCMewx4whMBp56rb8Om2C-tK3Snlmsb_icl938b_9j0QU2y8EY2V/s200/Meniran_phyllanthusurinaria-thum.gif

Penggunaan Untuk Obat :
1. Sakit Kuning
Bahan utama terdiri dari 16 Tanaman Meniran (akar, Batang, daun) dan bahan tambahan yaitu 2 gelas air susu. Cara membuat: tanaman meniran dicuci lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum sekaligus; dilakukan setiap hari.
2. Malaria
Bahan utama terdiri dari 7 batang tanaman meniran lengkap dan bahan tambahan 5 Biji bunga cengkeh kering dan 1 potong kayu manis Cara membuat: seluruh bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari.
3. Ayan
Bahan utama yaitu 17 – 21 batang tanaman meniran (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ± 2,5 gelas. Cara menggunakan: disaring dan diminum 1 kali sehari sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut
4. Demam
Bahan utama: 3-7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: bahan dicuci bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Cara menggunakan: disaring, kemudian diminum sekaligus.
5. Batuk
Bahan utama: 3 – 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun, dan bunga) dan Bahan tambahan madu secukupnya. Cara membuat: Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata. Cara menggunakan: diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari.
6. Disentri
Bahan Utama: 17 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga). Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar