welcome

---- SELAMAT DATANG DI PONDOK HERBAL WANITA SOLUSI TEPAT UNTUK ANDA DAN KELUARGA ----

Senin, 05 November 2012

Tanaman Baru Cina (Suket Gajahan)





(Artemisia vulgaris Linn, disebut baru cina karena tanaman ini memang berasal dari negeri Cina. Indonesia dan Sumatra biasa menyebutnya baru cina atau sudamala. Namun, orang Maluku mengenalnya sebagai kolo atau goro-goro Cina. Di negeri Cina sendiri disebut ai ye. Baru cina juga memiliki sebutan lain, seperti daun manis,cam cao Jakarta), beunghar kucicing, jukut lokot mala (Sunda), suket gajahan (Jawa).

Tanaman ini adalah salah satu tumbuhan obat yang berkhasiat untuk
mengobati berbagai penyakit yang diderita kaum wanita. Seperti menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur, mencegah keguguran (threatened abortion), pergerakan janin berlebihan, disentri, keputihan, mempermudah persalinan, susah punya anak, muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaksis), perdarahan usus (rectal haemorrhgia).




Nama Ilmiah:
Artemisia vulgaris

Nama Daerah:
Baru cina, Beungkar kucicing, Suket gajahan, Kolo, Goro-goro Cina

Kandungan:
Tanaman Baru Cina ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l: Minyak menguap, alpha amirin, fenenol,dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene,1-quebrachitol. Akar dan batang mengandung mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, ridentin.

Ciri-Ciri:
Habitus: Semak, menahun, tinggi 30-90 cm Batang Berkayu, bulat, bercabang, putih kotor
Daun: Tunggal, tersebar, berbagi menyirip, berbulu, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan daun atas hijau, permukaan

1 komentar:

  1. Dimana bisa menemukan tanaman ini?
    Kalau ada bisa wa ke saya 081286276136

    Saya butuh banyak

    BalasHapus